// //

Mengenai Medikasi

Seperti Apakah Anda saat bertemu dokter?


Anda akan berada di ruangan yang nyaman, mendapatkan perhatian khusus secara pribadi. Segala yang diutarakan perasaan Anda, dijaga kerahasiannya. Tak akan ada sesuatu yang akan disampaikan kepada pihak ketiga tanpa seijin Anda kecuali terdapat hal hal yang menurut dokter membahayakan nyawa Anda dan atau orang disekitar kehiduapan Anda. Untuk pasien perdana akan dievaluasi selam kurang lebih satu jam. Pada  akhirnya dokter akan melakukan diagnosis awal atay kemungkinan gangguan yang Anda alami dan kemungkinan pemicunya. Hal tersebut akan dijelakskan kepada Anda.

Pilihan pilihan terapi yang paling nyaman dan sesuai untuk Anda akan didiskusikan bersama. Pertemuan kedua akan dijadwalkan antara satu sampai tiga mingg setelah pertemuan pertama tergantng dari perkembangan dan kondisi Anda. Monitoring dan evaluasi perkembangan, pembenahan dan kemungkinan munculnya efek samping dari terapi meruapakan bagian krusial di dalam mengupayakan layanan yang optimal. Pertemuan selanjutnya akan dijadwalkan sesuai kebutuhan pasien secara individual. Jadwal pertemuan bisa jadi akan lebih jarang jika Pasien merasa lebih baik dan menemukan irama kehidupannya.



Dokter berniat melihat, mendengar dan merasakan dengan seksama melalui berbagai sudut pandang yang baru. Dokter seolah olah menjadi "kaca pembesar" untuk Anda sehingga simpul simpul yang keliru itu dapat disadari dengan  lebih jelas, dengan demikian menguraikannya. Hal mana yang sebelumnya mungkin di luar jangkauan pemahaman perasaan dan pikiran Anda. Dokter di sini mengulurkan tangan demi kualitas kehidupan pasien. Layanan di bawah ini tersedia untuk Anda :
  •  Pertemuan awal didalam domain riwayat penyakit dan keluarga, analisis, dan rencana terapi
  • Terapi psikiatri/psikofarmakologi
  • Konseling individu/keluarga dan Psikoterapi
  • Konsultasi dan pemberian saran/pendapat (second opinion)
  • Laporan tertulis
  • Evaluasi laboratorium
  • Pemeriksaan psikometri
  • Akupuntur
  • Layanan terintegrasi.
Dokter Shelly sebagai psikiater yang memiliki sertifikat kompetensi, pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman yang luas dalam mendiagnosis dan menawarkan solusi terapi untuk berbagai masalah kejiwaan. Berbagai permasalah kejiwaan tersebut adalah :


  • Gangguan cemas seperti cemas menghadapi orang banyak (Social Anxiety), gangguan obsesif kompulsif, serangan panik, gangguan cemas menyeluruh dan gangguan stres paska trauma
  • Gangguan emosi termasuk gangguan Bipolar dan berbagai bentuk gangguan depresi
  • Skizofrenia dan gangguan psikotik lainnya seperti gangguan waham menetap, paranoid
  • Perilaku menyakiti diri sendiri dan resiko bunuh diri
  • Gangguan kepribadian
  • Gangguan pemusatan perhatian (pada anak,remaja dan orang dewasa)
  • Gangguan tidur
  • Gangguan makan
  • Demensia dan gangguan perilaku pada orang tua
  • Ketergantungan rokok, alkohol dan narkoba lainnya
  • Ketergantungan seks, internet game, makan dan belanja
  • Terapi keluarga dan pasangan (permasalahan rumah tangga)
  • Gangguan emosi menjelang kelahiran bayi dan setelah melahirkan (Perinatal and Postpartum Mood Disorder, Baby Blues)

Dokter Shelly akan menghubungkan layanan terintegrasi bila diperlukan seperti meminta pemeriksaan laboratorium yang bersesuaian dengan keluhan dan estimasi penyakit, meresepkan obat, melakukan evaluasi psikologis dan hubungan interpersonal dan memberikan terapi psikiatri berkelanjutan. Sebagai bagian dari tim medis, dokter  dapat melakukan konsultasi/berkoloborasi dengan dokter spesialis lain, psikolog dan perawat untuk optimasisasi dan koordinasi terapi pasien. Dokter juga akan mengusahakan jika terdapat dokter yang terlibat dalam pelayanan Anda dipastikan kerjasamanya untuk mencapai suatu solusi yang optimal bagi kualitas kesehatan Anda, kualitas kehidupan Anda.

Akses ke Dokter Shelly

Diluar waktu appointment, dokter Shelly hanya dapat diakses jika terdapat permasalahan penting dan mendesak yang terjadi pada pasien. Pasien dapat mengakses dokter Shelly melalui telepon, Whats Ap ataupun SMS. Adanya pertanyaan dan kemauan penyesuan terapi disarankan disampaikan pada saat sesi yang terjadwal. Di saat yang tepat kekhawatiran yang muncul ataupun hal hal yang diluar pemahaman Anda dapat dieksplorasi secara lebih mendalam. Walaupun begitu patut diingat hubungan telepon dan sarana media sosial tidaklah sepenuhnya dapat menggantikan kewajiban pasien untuk hadir dalam sesi terapi. Hal ini penting, karena tujuan pemeriksaan kemajuan dan permasalah sebenarnya pada pasien dapat dilihat, didengar dan dirasakan sepenuhnya.

Mengenai Medikasi

Seandainya terapi dengan obat merupakan option agar  kualitas hidup lebih baik, dokter akan mengupayakan dengan cermat obat apa yang paling sesuai dan membantu pemulihan Anda. Dokter akan memonitor jika timbul efek samping dan terapi Anda dalam batas yang wajar. Di Melinda 2, kami memiliki pilihan pilihan obat yang  jauh lebih baik dibandingkan dengan masa lalu karena ilmu psikiatri telah mengalami banyak kemajuan. Obat-obatan modern saat ini memiliki efek samping yang jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Umumnya setelah memahami kondisi Anda, dokter akan menjelaskan secara detail jenis obat apa yang akan membantu pemulihan Anda. Dokter akan memberikan informasi yang objektif mengenai terapi spesifik dan menjawab pertanyaan atau keraguan yang Anda rasakan. Pada tahap ini, pilihan/keinginan Anda akan sangat besar dalam mempengaruhi keputusan akhir medikasi.

Keinginan yang dimaksud di sini adalah pilihan Anda mengenai harga obat, kemungkinan efek samping obat yang yang dapat ditoleran oleh tubuh Anda, generik atau paten, bentuk sediaan obat (syrup/tablet/kapsul), waktu konsumsi obat (ada jenis obat yang perlu diminum sekali, dua atau tiga kali per hari).

Proses terapi membutuhkan kerjasama antara pasien dan dokter. Dokter akan memberikan rencana terapi (berapa lama terapi akan berlangsung, cara penghentian terapi, kapan dosis obat perlu ditingkatkan), tergantung dari sikap dan pola berpikir Anda, riwayat pengobatan sebelumnya, dukungan keluarga dan sosial yang Anda miliki, dan kesehatan Anda secara umum. Perencanaan akan menggambarkan tujuan, derajat dan hasil yang dapat diharapkan.

Dalam perencanaan juga akan dikaji partisipasi yang perlu Anda lakukan, metode untuk mengkomunikasikan keadaan Anda, efek samping yang mungkin terjadi, dan bagaimana kita akan  menyesuaikan perencanaan segera jika terdapat perubahan kondisi.

Lokasi

Rumah Sakit Melinda 2
Jl. Dr. Cipto no 2, Bandung (Seberang Istana Plaza Mall)


Hunting : (022) 4233777 / (022) 4239953

UGD : (022) 4232777

Powered by Blogger.