// //

Penyalahgunaan Ganja



Ganja/Marijuana/Kanabis (Cannabis sativa) merupakan tanaman yang berasal dari India yang tumbuh di iklim hangat. Kanabis merupakan narkoba ilegal kedua terbanyak yang dipersalahgunakan di Amerika. Saat ini mulai secara legal digunakan di beberapa negara bagian Amerika dan Negara Kanada untuk tujuan rekreasi dan kesehatan. Cara penggunaan yang paling umum adalah dengan dirokok. Bagian yang digunakan dari tanaman ini adalah daun, batang dan bunga yang telah dikeringkan.

Terdapat beberapa usaha untuk melegalisasi narkoba ganja ini oleh karena terdapat beberapa manfaat terapeutik seperti mengurangi efek samping kemoterapi, termasuk mengurangi nyeri kronis pada multiple sclerosis, glaukoma dan AIDS. Beberapa negara dan negara bagian di Amerika telah mengatur pemanfaatan kanabis untuk kepentingan tersebut. Walaupun demikian penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui efek penggunaan narkoba ini dalam jangka panjang.

Konsumsi dapat mebangkitkan eforia atau rasa senang berlebihan, perasaan lega dan relaksasi, banyak bicara, persepsi waktu yang terasa lambat, menemukan hal-hal menjadi aneh dan lucu, cemas, paranoid/curiga dan adanya persepsi rangsangan/stimulus eksternal yang lebih kuat.

Gangguan ketrampilan motorik/pergerakan dapat terjadi 8 sampai 10 jam setelah konsumsi ganja. Mengemudi juga sangat berbahaya saat menggunakan narkoba ganja. Penggunaan ganja juga akan meningkatkan efek jika bersamaan dengan konsumsi alkohol.

Penggunaan kanabis juga akan mencetuskan atau memperberat kondisi kesehatan mental seseorang. Seorang pengguna kanabis memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami gangguan mental, seperti gangguan psikotik. Pengguna khususnya pengguna usia muda juga pada umumnya cenderung akan mengalami masalah konsentrasi, motivasi dan kemampuan belajar. Pada pelajar hal ini sering ditandai dengan menurunnya prestasi akademik.

Overdosis dan gejala putus zat jarang dikeluhkan. Permasalah yang sering ditemui adalah paranoid, halunisasi, kelelahan, delusi,waham,kepercayaan yang salah terhadap sesuatu ide dan gangguan psikotik.









Powered by Blogger.